Essay Naswa Individu prodi

 Assalamualaikum wr,wb. 

Hai haii kalian semua! Perkenalan Nama saya Naswa Nabila Putri kelahiran 6 Oktober 2005 di Sidoarjo. Usia saya saat ini masih 17 tahun, bulan depan baru menginjak 18 tahun. Kediaman saya ada di desa seketi kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo, provinsi Jawa Timur. 

Saya dibesarkan di keluarga yang bisa dibilang berkecukupan. Anggota keluarga saya berjumlah empat diantaranya ada ayah, ibu, saya, dan adik. Ayah saya bernama Pujiyanto, ibu saya bernama Nufiati sedangkan adik saya bernama Wahyu Atikah Dewi. Pendidikan terakhir ayah dan ibu saya adalah SMA sederajat, adik saya saat ini sedang menempuh pendidikan di bangku MI tempatnya di MI Nurul Ulum Seketi, sedangkan saya sendiri sedang menempuh pendidikan S1 Manajemen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau bisa disingkat dengan sebutan (UNUSA). 

Pendidikan yang saya miliki: 

1. RA Nurul Ulum Seketi

2. MI Nurul Ulum Seketi

3. SMP Raden Rahmat Balongbendo

4. SMA Raden Rahmat Balongbendo. 

Di bangku SMA saya mengikuti keorganisasian seperti organisasi sisws intra sekolah atau yang biasa disebut OSIS pada tahun 2021-2022 dan memiliki jabatan sebagai ketua OSIS. Saya juga bergabung dengan dewan ambalan Sunan Ampel dan Nyai Karimah SMA Raden Rahmat Balongbendo pada periode tahun 2021-2022 dan 2022-2023, serta berhasil mendapatkan pangkat penegak bantara dan penegak laksana. 

Saya juga memiliki beberapa pengalaman seperti membina pramuka di berbagai sekolah, contohnya: 

1. SMA Raden Rahmat Balongbendo

2. SDN Mergosari 2 Tarik 

3. SDN Watutulis 1 Prambon 

4. SDN Watutulis 2 Prambon 

5. MI Wonoplintahan Prambon 

Inilah alasan saya memilih prodi Manajemen: 

1. Pilihan karir yang cerah

Ada banyak pilihan karir bagi para lulusan manajemen. Saya dapat mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang terkait dengan manajemen organisasi ataupun manajemen proyek. Pun juga bisa bekerja dalam profesi lainnya yang terkait dengan keamanan investasi, pengelolaan anggaran, dan lain sebagainya.

2. Cocok bagi saya yang ingin berwirausaha

 melalui jurusan manajemen saya akan mempelajari berbagai hal yang dapat menunjang kemampuan berwirausaha.

3. Meningkatkan kemampuan berorganisasi

Keahlian dalam berorganisasi sangat diperlukan guna menunjang peran lulusan jurusan manajemen di dunia kerja.

4. Agar mampu membentuk pribadi yang lebih teratur dan disiplin

Soal pengembangan diri, dengan mengambil jurusan manajemen bisa membentuk diri saya menjadi pribadi yang lebih teratur, rapi, lebih supel, dan disiplin. Kepribadian yang baik tentunya akan berdampak positif pada kinerja dalam mengelola suatu bisnis atau lembaga.

5. Membentuk dasar kepemimpinan

Melalui jurusan manajemen, saya akan belajar berbagai hal penting dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini tentu akan membuat diri saya lebih paham terkait cara mengelola karyawan maupun memimpin perusahaan nantinya. Nantinya saya juga punya peluang untuk menjadi pemimpin di dunia kerja nanti. Bermodal pengetahuan manajemen yang baik, kamu juga tahu mengatasi masalah.

6. Dibutuhkan dalam berbagai bidang

Nah, ini yang membuat saya memilih jurusan manajemen. Karena manajemen dibutuhkan dalam hal apapun.

7. Prospek kerja yang beragam

Karena jurusan manajemen bisa masuk dalam hal apapun, maka prospek kerjanya pun beragam. Lulusan jurusan manajemen bisa bekerja dalam bidang manajemen organisasi, lembaga, perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan dan lainnya. Jika melamar di suatu perusahaan, saya bisa memilih bidang apapun. Sebab, fungsi manajemen sudah pasti dibutukan seperti dalam hal operasional, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, dan lain-lain.

Sekian penjelasan tentang diri saya dan alasan memilih prodi manajemen di UNUSA. Terimakasih, wassalamualaikum wr,wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume materi PKKMB UNUSA 2023 [Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di UNUSA]