Kegiatan perayaan lomba HUT RI ke-79 di desa seketi



Nama: Naswa Nabila Putri 
NIM: 3230023018
Prodi: S1 Manajemen 



17 agustus 2024 merupakan hari kemerdekaan RI yang ke 79. Tanggal ini merupakan hari peringatan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan, yang dirayakan dengan berbagai kegiatan penuh suka cita di seluruh penjuru negeri. Salah satu tradisi yang selalu dinanti-nantikan adalah perlombaan khas 17 Agustus, yang tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga mempererat rasa kebersamaan dan nasionalisme. 

Tak jarang dijumpai banyak yang mengadakan karnaval, lomba, maupun pentas seni untuk memeriahkan HUT RI. Di desa Seketi yang merupakan salah satu desa dari kecamatan Balongbendo kabupaten Sidoarjo juga menggelar beberapa lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-79 tersebut. Beberapa lomba ditawarkan kepada para warga contohnya, lomba makan kerupuk, Lomba ini merupakan salah satu lomba tradisional yang tidak pernah ketinggalan. Peserta harus makan kerupuk yang digantung tanpa menggunakan tangan. Keahlian dalam mengatur gerakan mulut dan kesabaran menjadi kunci kemenangan.  Lomba cantol topi, ambil air dengan gelas, karet tepung, memasukkan paku ke dalam botol, Di lomba ini, peserta berusaha memasukkan paku ke dalam botol yang diletakkan di atas meja dengan cara yang tidak konvensional. Kegiatan ini menuntut ketelitian dan keterampilan motorik halus. dan masih banyak lagi lainnya.





Lomba-lomba 17 Agustus bukan sekadar permainan atau hiburan. Di balik keseruan tersebut, terdapat nilai-nilai penting yang diajarkan, seperti kerja sama, sportivitas, dan ketangguhan. Lomba-lomba ini juga menjadi momen bagi masyarakat untuk saling berinteraksi, mempererat persaudaraan, dan menumbuhkan semangat gotong royong yang merupakan bagian dari budaya Indonesia.

Selain itu, melalui perlombaan ini, generasi muda diajak untuk mengingat dan menghargai perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Meski tidak lagi berjuang dengan senjata, tetapi melalui kegiatan sederhana ini, kita bisa menunjukkan rasa cinta tanah air dan turut melanjutkan semangat perjuangan mereka.

Kesimpulan: 

Lomba-lomba 17 Agustus merupakan bagian tak terpisahkan dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Melalui berbagai jenis lomba, masyarakat tidak hanya merayakan kemerdekaan tetapi juga membangun kebersamaan, semangat, dan kesadaran akan nilai-nilai kemerdekaan. Dengan semangat kompetisi yang sehat, kita bisa lebih menghargai dan memaknai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Naswa Individu prodi

Resume materi PKKMB UNUSA 2023 [Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di UNUSA]