Resume materi PKKMB UNUSA 2023 [Indonesia emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegrasi)]

 


Seluruh dunia saling terhubung, contohnya unusa memiliki hubungan dengan universitas lain yg ada di surabaya. Tidak mungkin indonesia sendirian pasti juga terhubung dengan negara lain. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan PBB yang dibentuk pada tahun 1948 yang bertugas mengatur dan mengoordinasikan isu-isu kesehatan global. Mandat WHO adalah memastikan tercapainya kualitas kesehatan terbaik bagi seluruh umat manusia. WHO beranggotakan 194 negara dan bermarkas di Jenewa, Swiss.


Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskes- das) 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular meningkat jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013, antara lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi. Kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini berhubungan dengan pola hidup, antara lain merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurang aktivitas fisik, serta konsumsi buah dan sayur. iJka generasi bangsa melakukan pola hidup yang buruk maka kedepannya indonesia tidak bisa menjadi generasi emas. 

sistem kesehatan yang berketahanan dimulai dengan transformasi layanan kesehatan primer, misalnya: 

1.Menggarisbawahi peran pusat pelayanan kesehatan primer (Puskesmas) sebagai koordinator wilayah fasilitas Puskesmas lainnya.

2. Puskesmas adalah tulang punggung surveilans kesehatan: diperkuat dengan dukungan kebijakan dan anggaran, tenaga kesehatan yang cakap, dan fasilitas yang lengkap

3. Puskesmas yang telah bertransformasi mampu menyediakan layanan kesehatan penting yang terganggu selama bulan-bulan awal pandemi: inovasi dalam memberikan layanan dan mampu memberikan layanan bagi populasi yang rentan.

- Mengkoordinasikan pelayanan kesehatan dan data antar fasilitas Puskesmas baik milik pemerintah maupun milik swasta 

- Sebagai pusat komando di tingkat daerah

4. Mampu berfungsi sebagai sistem peringatan dini dengan penyediaan dan pemanfaatan data berkualitas dari tingkat masyarakat

- Ketersediaan data kinerja fasilitas Puskesmas dalam melakukan surveilans kesehatan

- Pemanfaatan data tingkat komunitas sebagai dasar pengambilan keputusan

5. Mencapai ketahanan masyarakat yang berkelanjutan melalui keterlibatan yang bermakna dengan masyarakat lokal dalam pengawasan kesehatan, promosi kesehatan, langkah-langkah keselamatan kesehatan dan layanan penting.

Bagaimana dengan Indonesia?

Suara Indonesia sangat kurang terwakili dalam perbincangan global mengenai kesehatan dan ilmu kedokteran.

Negara ini cenderung melihat ke dalam dibandingkan ke luar, sehingga mengurangi pentingnya berkontribusi terhadap pembelajaran dan pengetahuan global. 

Follow IG UNUSA : https://www.instagram.com/p/Cwo3Nh9RDgr/?igshid=MWZjMTM2ODFkZg==

Follow Facebook UNUSA : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Kunjungi juga blog teman saya: https://nesyaaagresik.blogspot.com/2023/09/peran-mahasiswa-dalam-kepedulian.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Naswa Individu prodi

Resume materi PKKMB UNUSA 2023 [Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di UNUSA]