Resume materi PKKMB UNUSA 2023[Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas]

 

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

Bonus & Tantangan Menuju Indonesia Emas

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah pendu- duk yang pada masa usla produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi Int akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam memper- slapkan bonus demograf ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme & Ideologi anti Pancasila di Indonesia. 

Yang harus dilakukan yakni menggali kembali makna dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk menerangi radialisme dan menuju Indonesia emas 2045. Selain itu, pendalaman karakter Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat utk menangkal paham-paham radikalisme.

Pancasila dan Pembangunan

Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilal Pancasila.

Pembangunan Nasional adalah untuk menusta Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spritual. 

Kedudukan Pancasila Dalam Pembangunan Nasional:

1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam Identifikasi diri sebagai bangsa. 

2. Pancasila sebagai landasan pembangunan nasional.

3. Pancasila merupakan arah pembangunan nasional.

4. Pancasila merupakan etos pembangunan nasional

5. Pancasila sebagai moral pembangunan.


Diresume oleh: 

Nama: Naswa Nabila Putri

Prodi: S1 Manajemen

Fakultas: Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital

Follow IG UNUSA : https://www.instagram.com/p/Cwo3Nh9RDgr/?igshid=MWZjMTM2ODFkZg==

Follow Facebook UNUSA : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Lihat juga blog teman saya: https://nesyaaagresik.blogspot.com/2023/09/pancasila-sebagai-dasar-pembangunan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Naswa Individu prodi

Resume materi PKKMB UNUSA 2023 [Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di UNUSA]